Jumat, 01 Juli 2011

Let's Go Green!!

Gadis Aksi

Kita sudah mengenal cinta bumi dan menerapkannya dalam keseharian. Itu hal yang bagus banget! Kini, tantangannya adalah meng-upgrade aksi kita dan memberi kontribusi lebih kepada lingkungan. Let’s go greener!

Green: Membuang sampah pada tempatnya.
Greener: Selain aksi tadi, kita juga membuang sampah yang berserakan di jalan. Awalnya, nggak perlu banyak. Cukup pasang target untuk memungut 1-2 sampah di jalan dan membuangnya ke tong sampah setiap hari.

Green: Memisahkan sampah basah dan kering.
Greener: Memisahkan sampah basah, kering, plastik dan elektronik/ mengandung bahan kimia. Dengan begini, proses pengolahan sampah akan jauh lebih mudah. Aksi tersebut sekaligus mendukung proses daur ulang sampah eletronik/ berbahan kimia. Ini sangat berarti, mengingat banyaknya sampah elektronik dan materi berbahan kimia yang meracuni tanah, kerena dibuang begitu saja.

Green: Ikutan Earth Hour.
Greener: Jadikan Earth Hour isnpirasi untuk mengadakan aksi serupa secara rutin. Misalnya, dengan sebulan sekali memadamkan lampu dan peralatan listrik di rumah.

Green: Menghemat pemakaian kertas. Misalnya, dengan nge-print/ fotocopy bolak-balik.
Greener: Mendaur ulang kertas sendiri. Kita juga bisa mengajak teman-teman lain melakukannya. Itu sama juga kita sudah berkontribusi menyelamatkan pohon-pohon yang akan ditebang.

Green: Ikutan Car Free Day
Greener: Mulai lebih sering mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi. Pilih bike to school atau naik transportasi umum. Dengan demikian, kita bisa makin mengurangi emisi timbal dan karbon.

Aksi diatas merupakan beberapa tindakan yang lebih baik untuk bumi. Tentunya, selain yang disebutkan tadi, kita bisa meng-upgrade banyak hal lainnya. Keep up our green spirit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar