Kamis, 08 September 2011

Kamus Istilah Lingkungan


Gadis Aksi

Sekarang ini gaya hidup ramah lingkungan sepertinya bukan sesuatu yang asing bagi kita. Makin banyak produk, restoran, atau supermarket yang ikut berkampanye seputar save the earth. Tapi, apakah kita tahu arti dari istilah-istilah yang sering digunakan dalam kampanye itu? Baca contekannya di sini.

3R (Reduce,Reuse,Recycle)
  • Reduce: mengurangi penggunaan brang-barang yang sekiranya kurang ramah lingkungan. Termasuk mengurangi penggunaan plastik, mempersingkat waktu mandi, mematikan listrik yang tidak terpakai.
  • Reuse: memakai lagi barang-barang yang masih layak dan bisa digunakan. Salah satu contohnya adalah mix and match baju lama. Kalau pun sudah nggak mau digunakan lagi, jangan dibuang tapi jual atau berikan pada yang membutuhkan. Bikin garage sale atau charity bisa jadi solusinya.
  • Recycle: pilihlah barang yang mempunyai lambang dapat didaur ulang. Langkah lainnya adalah, pisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang.

Carbon Footprint/Jejak Karbon
Total pengeluaran emisi rumah kaca, yang dihasilkan oleh aktivitas individu atau rumah tangga, yang biasanya diukur dengan berapa banyaknya karbon atau karbondioksia (CO2) yang digunakan.  Contoh sederhananya seperti ini: menyalakan lampu 10 watt selama 1 jam, artinya menggunakan 9,51 gram CO2.

Biodegradable
Artinya bahan tersebut dapat diurai dengan cepat dan diserap ekosistem. Misalnya kayu atau bambu.

Eco-Spun
Polyester fiber kualitas tinggi yang dibuat dari 100% PET bottles (botol minum yang bisa di-recycle). Bahan ini mampu mengadopsi 3 juta PET bottles tiap tahunnya dan mengurangi emisi hingga 400.000 ton.

gadis.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar